Contoh RPP Kelas I PAI Pembelajaran Kasih Sayang

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan              :     Nama Sekolah
Kelas / Semester                 :     I (Satu) / 1
Pembelajaran (1)                :     Kasih Sayang
Tema / Topik 2                   :     Kasih Nabi Muhammad SAW
Alokasi Waktu                   :     ........... x 35 menit
A.     KOMPETENSI INTI
         K1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
         K2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
                 berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
         K3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
         K4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia  
B.   KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw
1.17.1 Mematuhi dan meyakini kebenaran kisah nabi
   Muhammad Saw
2
2.17  Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw
2.17.1 Membiasakan sikap jujur dan kasih sayang 
   sebagai implementasi pemahaman kisah kete 
   ladanan Nabi Muhammad
3
3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad Saw
3.17.1 Menjelaskan kisah singkat Nabi Muhammad Saw
3.17.2 Menjelaskan Kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
4
4.17 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
4.17.1 Mencontohkan perilaku kasih sayang, hormat dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi keteladanan dan kasih sayang Nabi Muhammad saw.
D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
þ  Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw;
þ  Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw;
þ  Menunjukkan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.
E.      MATERI PEMBELAJARAN
þ  Kisah keteladanan dan kasih sayang Nabi Muhammad saw

Muhammad Rasulullah menyayangi umatnya.
Kasih Sayang Nabi Muhammad SAW

Hari Raya Idul Fitri tiba. Anak-anak bergembira. Ketika Rasulullah pulang, ada anak menangis. Rasulullah berkata, jangan menangis anakku. Aku menjadi ayahmu.



 


F.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan               : Scientific
Strategi                      : Cooperative Learning
Teknik                       : Information Search (mencari informasi)
Metode                      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
þ Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
þ Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
þ Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
þ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
þ Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu dapat berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
þ Guru dapat memanfaatkan  model / strategi / metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis eeting artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
10 menit
Inti
þ Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
þ Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
þ Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
þ Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri, anak-anak yang lain gembira sementara satu anak sedang bersedih).
þ Guru menyampaikan kisah singkat kasih sayang Nabi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
þ Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku cinta Rasulullah”.
þ Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar dan terjemahnya baris per baris/kalimat per kalimat.
þ Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut
þ Selanjutnya mengemukakan isi gambar tersebut (kasih sayang seorang teman terhadap teman lainnya).
þ Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

Penutup
þ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ Melakukan penilaian hasil belajar
þ Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA
þ  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
þ  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
þ  Gambar/ Poster
þ  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video





I.     PENILAIAN
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
A.  Sikap Spiritual (KI)
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Nama                               : ....................................................
Kelas/Semester               : ....................................................
Pelaksanaan Pengamatan : di dalam pembelajaran /di luar pembelajaran
No.

Aspek yang diamati
Tanggal
Catatan Guru
1.
Ketaatan Ibadah
Mengikuti kegiatan shalat berjamaah di sekolah

Selalu mengikuti kegiatan shalat berjamaah dalam kegiatan pembiasaan pembelajaran
2.
Mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah (kultum, baca yasin,dll


3.
Mengikuti kegiatan PHBI di sekolah


4.
Berprilaku syukur
Menjaga kelestarian alam (memelihara tanaman, membuang sampah pada tempatnya.


5.
Suka memberi dan menolong orang lain


6.
Berterimkasih atas pemberian orang lain


7.
Berdoa
Berdo’a sebelum dan sesudah belajar

Selalu membaca doa setiap mengawali dalam kegiatan pembiasaan pembelajaran
8.
Toleransi beribadah
Berteman tanpa membedakan agama


9.
Tidak menjelekkan ajaran agama lain.


10.
Menghormati hari besar keagamaan lain


................, ..............................................
Guru
_______________________
(Nama jelas dan tanda tangan)
b.  Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Nama                                : ....................................................
Kelas/Semester                 : 1 (satu) / Ganjil
Waktu Penilaian               : ....................................................

Petunjuk:
1. Berilah tanda (√)pada kolom yang tersedia sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
2. Diisi oleh peserta didik dengan bimbingan orangtua/wali.
3. Ditanda tangani oleh orangtua/wali.
4. Setelah diisi mohon diserahkan kembali kepada guru kelas/mata pelajaran.
No.
Pernyataan
Keterangan
Selalu
Kadang-kadang
Tidak pernah
1
Saya mengikuti kegiatan shalat berjamaah di sekolah



2
Saya mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah (kultum, baca yasin,dll



3
Saya mengikuti kegiatan PHBI di sekolah



4
Saya menjaga kelestarian alam (memelihara tanaman, membuang sampah pada tempatnya.



5
Saya suka memberi dan menolong orang lain



6
Saya berterimkasih atas pemberian orang lain



7
Saya berdo’a sebelum dan sesudah belajar



8
Saya berteman tanpa membedakan agama



9
Saya tidak menjelekkan ajaran agama lain.



10
Saya menghormati hari besar keagamaan lain



..............., ..............................................
Mengetahui:
Orangtua/Wali


____________________
(Nama jelas dan tanda tangan)


c.  Penilaian Antarteman
No.
Pernyataan
Keterangan
Selalu
Kadang-kadang
Tidak pernah
1
Teman saya mengikuti kegiatan shalat berjamaah di sekolah



2
Teman saya mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah (kultum, baca yasin,dll



3
Teman saya mengikuti kegiatan PHBI di sekolah



4
Teman saya menjaga kelestarian alam (memelihara tanaman, membuang sampah pada tempatnya.



5
Teman saya suka memberi dan menolong orang lain



6
Teman saya berterimkasih atas pemberian orang lain



7
Teman saya berdo’a sebelum dan sesudah belajar



8
Teman saya berteman tanpa membedakan agama



9
Teman saya tidak menjelekkan ajaran agama lain.



10
Teman saya menghormati hari besar keagamaan lain




B. Sikap sosial
1)  Observasi (Lembar Penilaian Observasi/Jurnal)
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SOSIAL
Nama                                  : ....................................................
Kelas/Semester                  : ....................................................
Pelaksanaan Pengamatan  : di dalam pembelajaran /di luar pembelajaran
No.
Aspek yang diamati
Tanggal
Catatan Guru
1.
Jujur


2.
Disiplin


3.
Tanggung Jawab


4.
Santun


5.
Peduli


6.
Percaya diri



................, ..............................................
Guru

_______________________
(Nama jelas dan tanda tangan)
2) Penilaian Diri (Lembar Penilaian Diri)
3) Penilaian Antarteman  (Lembar Penilaian Antarteman

C.  Pengetahuan
1. Tes Tulis (Pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, essai, uraian, dll)
No.
KD
Indikator Soal
Bentuk Soal
Bobot
No.
Soal
Soal

3.17  Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
Disajikan tentang kisah Nabi Muhammad, siswa mampu menentukan sifat yang terpuji dari Nabi Muhammad


1








2. Lisan (Daftar pertanyaan)
3. Penugasan (Daftar penugasan di dalam/luar kelas)
D.  Keterampilan
1.  Kinerja (Praktik dan Produk)
Tes Praktik/Unjuk Kerja
4.17  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
No.
Nama
Penguasaan materi
Urutan penyajian materi
Kebenaran materi
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
























































4 = sangat baik                   3 = baik,                  2 = cukup               1 = kurang
2. Projek (Daftar tugas yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu)
3. Portofolio (dokumen/karya peserta didik secara individu)

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar pada kolom “ayo kerjakan”.
Rubrik Penilaian
Aspek
Nilai
1
2
3
4
Penguasaan materi




Penguasaan nilai-nilai




Keaktifan




Kesantunan




Catatan : 4 = Sangat Baik             3 = Baik                   2 = Sedang                    1 = Kurang baik



................................., ....................
Mengetahui,                                                                                                             
Kepala SD  .............................................                                                Guru PAI dan Budi Pekerti



.................................................                                                                  .................................................
NIP.                                                                                                              NIP.


Abu Fariz
Abu Fariz Pengajar Sekolah Dasar, Anak Kesayangan, Publisher