Cara Kelola Data Yang Ada di Mi Cloud

Assalamualaikum. Kembali lagi di postingan kali ini. Dan terima kasih kembali saya ucapkan karena telah berkunjung di web ini.

Untuk posting kali ini kita akan berbagi pengalaman tentang cara mengelola data kita atau data pribadi kita yang kita simpan pada layanan milik Xiaomi yang bernama mi cloud.

Menurut saya mi cloud adalah layanan milik Xiaomi sama halnya seperti layanan cloud pada umumnya seperti miliknya Google dan Microsoft.
pada layanan mi cloud ini spesial hanya untuk pengguna Xiaomi saja seperti tablet versi mi ataupun handphone dengan seri redmi.
setiap pengguna ponsel Xiaomi atau device Xiaomi itu pasti selalu diminta untuk masuk atau login dengan akun Xiaomi jika pengguna baru maka biasanya harus melakukan pendaftaran dulu.

Nah pada kali ini kita membahas ataupun melakukan pemeriksaan terhadap data kita yang kita simpan pada mi cloud. data yang ada pada mi cloud biasanya adalah data yang di sinkronisasi secara otomatis dan tersimpan pada server milik Xiaomi di China sana.

adapun data yang disimpan pada layanan mi cloud ini seperti data kontak yang tersimpan di handphone kita juga catatan, foto video yang tersimpan di galeri kita.

jika kita bisa menggunakan layanan ini dengan bijak maka layanan ini sangat berguna sekali bagi kita terutama jika kita sering gonta-ganti handphone.

lantas bagaimana cara kita melihat data apa saja yang ada pada layanan mi cloud ini.
Jawabannya kita bisa melakukan pengecekan melalui handphone Xiaomi tersebut ataupun melalui deskop. 
Caranya silakan kita buka browser kita baik itu melalui browser ponsel ataupun melalui desktop browser.
Kemudian masukkan alamat i.mi.com kemudian jelajah alamat tersebut.
jika sudah maka akan muncul tampilan untuk kita melakukan login dengan memasukkan username dan password akun Xiaomi kita.
jika sudah login maka akan muncul tampilan seperti gambar saya di bawah ini :
Di sana ada beberapa kategori data kita yang ada atau tersimpan pada server Xiaomi.

pertama data kontak kita yaitu data-data nomor HP yang tersimpan pada aplikasi kontak yang ada pada ponsel Xiaomi kita dan tersimpan di servernya milik Xiaomi di layanan mi cloud.

Kedua data pesan kita yaitu berupa SMS ataupun MMS yang masuk ke HP Xiaomi kita dan tersier dan tersimpan di layanan mi Xiaomi yang bernama mi cloud biasanya SMS yang tersimpan jika kita mengaktifkan layanan mi message.

Ketiga galeri yaitu data kita berupa foto dan juga video.

Keempat rekaman yaitu file file hasil rekaman kita yang kita rekam menggunakan device Xiaomi kita.

Kelima catatan yaitu data catatan yang tersimpan pada aplikasi catatan bawaan Xiaomi.

Keenam cari perangkat ini adalah fitur jika HP kita dalam keadaan hilang atau tidak tahu u lokasi tempat handphone kita dengan ini kita bisa melacak keberadaan handphone kita di mana.

Ke-7 setelan ini merupakan make up-an setelan yang kita pakai pada device Xiaomi kita.

ke-8 adalah sampah yaitu file-file yang sengaja kita hapus dan akan tersimpan pada kategori sampah dan file yang sudah ada di dalam file sampah juga bisa dikembalikan atau pun di restore kembali.

untuk melihat salah satu datanya kita tinggal mengklik salah satu kategori misalkan kita mau melihat foto atau video apa saja yang ada di servernya Xiaomi kata tinggal klik gambar kategori galeri tersebut.

waktu pertama kali biasanya kita diminta verifikasi terlebih dahulu hanya terjadi pada saat awal pertama membuka saja pada device kita.



sudah bisa kan melihat file kita apa aja yang tersimpan di server Xiaomi melalui layanan mi cloud-nya.
tinggal keputusan kita saja mau tetap menggunakan layanan mi cloud ataupun menghapusnya.
Selamat mencoba.
Abu Fariz
Abu Fariz Pengajar Sekolah Dasar, Anak Kesayangan, Publisher